Rabu, 24 September 2008

Transplantasi Otak: Sebuah Mimpi, akankah menjadi kenyataan?

Otak ( dan saraf Tulang Belakang ) adalah jaringan tubuh manusia yang tidak mengalami regenerasi, artinya tidak dapat menggantikan sel - sel yang telah mati dengan sel-sel baru. Bandingkan dengan kulit, rambut, kuku; mereka dapat memperbaiki diri jika terjadi kerusakan. Kulit luka dapat sembuh, rambut tumbuh jika dipotong, demikian pula dengan kuku.
Entah apa kehendak Tuhan sehingga hukum beliau tentang otak adalah 'non regenerated'.
Padahal fungsi otak sangat luar biasa, sebuah komputer dengan kemampuan raksasa yang belum bisa ditandingi oleh pembuat komputer sekelas bill gates sekalipun.
Dengan melihat fungsi tersebut, sangat menyedihkan kalo terjadi kerusakan di otak, karena akan terjadi cacat permanen yang menurunkan kualitas hidup manusia.
Kerusakan organ ginjal, jantung, hati yang parah yang tidak dapat diobati lagi dapat diatasi dengan transplantasi organ. Penggantian organ dilakukan dengan mengganti satu buah organ yang rusak secara utuh. Satu buah ginjal utuh, satu buah jantung utuh; diambil dari donor.
Bagaimana dengan otak?
Dapatkah diganti utuh?
Bagaimana menyambung satu buah otak secara utuh, bukankah otak terangkai dengan suatu sistem ke seluruh organ dari ujung rambut ke ujung kaki?
Siapa yang akan menjadi donor?
Jika suatu saat bisa didonorkan, bagaimana dengan sifat dan perilaku yang terbawa oleh otak donor ke penerima?
bersambung.......

Tidak ada komentar: